Cara Generate Prefill Dapodik 2019.C Semester 2 Terbaru

Cara Generate Prefill Dapodik 2019 Semester 2 Terbaru - Sebelum memulai proses untuk mengambil database awal sekolah dari server supaya bisa diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline, petugas pendataan harus memastikan telah mengunduh Prefill Dapodik 2018/2019.

Cara Generate Prefill Dapodik 2019.C Semester 2 Terbaru
Cara Generate Prefill Dapodik 2019.C Semester 2 Terbaru

Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan serta mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka pada kesempatan kali ini admin akan memberikan cara unduh Generate Prefill Dapodik 2018 sesuai alur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen tahun 2019.

Dengan adanya postingan tentang cara Generate Prefill Dapodik versi 2019.C ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam unduh prefill aplikasi dapodik 2018/2019 kepada operator Sekolah. Sebetulnya cara generat prefil masih sama caranya seperti versi terdahulu, cuma ada perbedaan sedikit dalam proses generate prefill tahun 2018 versi baru.

Cara Generate Prefill Dapodik 2018/2019 Semester 2


Generate prefill yaitu suatu proses atau tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar bisa diregistrasikan pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan secara off line (berbentuk file. prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

Untuk menambah keamanan dari sisi pengguna, sekarang ini sistem generate prefill bisa dilakukan sesudah pengguna berhasil login memakai username, password, serta kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Sebelum masuk kedalam pembahasan tentang langkah-langkah melakukan generate ulang prefill, sebaiknya pengguna mengetahui terlebih dulu beberapa ketentuan umum generate ulang prefill.
Di bawah ini beberapa ketentuan berkaitan Generate Ulang Prefill :

Unduh Prefill Dapodik 2019.C

Sudah diketahui bahwa Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah. Nah sekarang untuk melakukan unduh prefil aplikasi dapodik 2019C cara yang paling mudah adalah sebagai berikut.

Masukkan username dan password yang lama dan kode registrasi sesuai di Dapodik, apabila terjadi keselahan atau lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.

Sedangkan bagi sekolah baru, bisa menghubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan pasword.

Pada waktu registrasi di aplikasi dapodik, isi username serta password sesuai pada saat unduh prefill.
Registrasi pertama masuk ke dalam aplikasi bisa dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, tetapi dengan syarat harus terhubung internet.

Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) bisa menolong atau membantu melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Usahakan jangan melakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa. Bila memang anda ingin pindah ke komputer yang lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". hal ini (untuk mencegah duplikasi data).

Kode registrasi, username/password  bisa di-reset oleh pihak admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi pergantian petugas pendataan).

Baca Juga : Cara Mengisi Jadwal Apliasi Dapodik Versi 2019 Secar Komplit

Tips Cara download Generate Prefill Dapodik 2019.C


Cari generate prefill dapodik 2018/2019 sebenarnya cukup simple dan juga mudah, namun anda harus teliti dalam melakukannya, karena apabila salah, maka akan berakbat fatal. Untuk mengetahui  langkah-langkah download prefil dapodik versi 2019.c dapat disimak berikut ini:

2# Setelah terbuka silakan pilih menu Data Prefill.
3# Pilih jenjang yang sesuai.

4# Jangan lupa masukkan username, password, dan kode registrasi.
Username dan password yang digunakan saat mengunduh prefill adalah yang benar-benar terdaftar terakhir dan tersimpan pada server Pusat. Bila mana terdapat ketidaksesuaian data saat melakukan proses generate prefill dapodik, silakan jangan ragu untuk lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).

5# Setelah Anda berhasil masuk dengan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate”. Tunggu sampai proses generate selesai.

6# Setelah proses generate prefill finis, jika memang sukses akan ada laporan bahwa (Pembuatan Prefill Selesai Dilakukan).

7# Terakhir Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

Itulah proses cara unduh/download Generate Prefill Dapodik 2019 untuk Semester 2 Terbaru, Nah untuk mengetahui lebih jelas panduan prefill-dapodik terbaru yang di lengkapi dengan gambar dapat anda unduh melalui link berikut ini :

Download Panduan Instal Dan Prefil Aplikasi Dapodik 2019 dengan benar DISINI


Demikian postingan pada kesempatan kali ini tentang Cara Generate Prefill Dapodik 2019 Semester 2 terbaru, semoga bisa membantu Anda senagai petugas pendataan diseluruh indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel