Rekapitulasi Dan Contoh Penilaian Akhlak Kepribadian Siswa K13 Terbaru

Rekapitulasi Penilaian Akhlak Dan Kepribadian Siswa dianjurkan untuk dibuat sesuai kriteria penilaian standar petunjuk teknis atau sesuai instrumen. Adanya tugas laporan penilaian akhlak/kepribadian pada sekolah jenjang SD maupun SMP ini menjadi sebuah kebutuhan bagi para guru. Jadi bagi guru disarankan untuk membuat format laporan penilaian siswa dengan skor dan angka dan sesuai aspek yang di nilai.

Rekapitulasi Dan Contoh Penilaian Akhlak Kepribadian Siswa K13 Terbaru


Apasih Penilaian Akhlak/Kepribadian ?

Berikut penjelasanya :
Penilaian akhlak adalah aspek afektif dari kelompok maple atau mata pelajaran agama dan akhlak mulia, sebagai perwujudan sikap dan perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, dilakukan oleh guru agama dengan memanfaatkan informasi dari guru mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan.

Penilaian kepribadian adalah bagian dari penilaian kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan memanfaatkan informasi dari pendidik mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan.

Hasil dari penilaian akhlak kepribadian siswa digunakan untuk menyimpulkan penilaian sikap sebagai salah satu syarat kelulusan.

Rekapitulasi Penilaian Akhlak Dan Kepribadian Siswa K13 Terbaru

Sesuai mekanisme yang berlaku Penilaian Akhlak dilakukan oleh guru mata pelaaran agama dan guru mata pelajaran lain melalui pengamatan. Sedangkan untuk penilaian kepribadian dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan kewarga negaraan (PKn) dan guru mata pelajaran lain melalui pengamatan, inventori, wawancara, atau bentuk lain yang relevan.

Berikut Aspek- aspek yang masuk pada Penilaian Akhlak Dan Kepribadian Siswa Kurikulum 2013.

Pensekoran Akhlak Mulia Meliputi :
  • Aspek Sopan Santun
  • Aspek Percaya Diri
  • Aspek Kejujuran
  • Aspek Pelaksanaan Ibadah
  • Aspek Kebersihan
  • Aspek Kerjasama

Pensekoran Kepribadian Meliputi:
  • Aspek Tanggung jawab
  • Percaya Diri
  • Kompetitif
  • Kesehatan

Nah, itulah sekor-sekor aspek yang akan dinilai pada format penilaian. Jadi jika Anda ingin mengisi format penilaian Akhlak dan Kepribadian harus berdasarkan pedoman yang berlaku.

Contoh Format Penilaian

Baik untuk mengetahui lebih jelas mengenai Contoh Format Penilaian Akhlak dan Kepribadian Siswa Kurikulum 2013 sesuai instrumen akan kami membagikan dan dapat Anda unduh secara gratis filenya pada tautan yang ada dibawah.

File yang berbentuk format word ini adalah salah satu penunjang dalam kegiatan pembelajaran yang wajib di buat oleh para guru. Jadi silakan langsung saja silakan Download terlebih dahulu file nya supaya kegiatan belajar mengajar Bapak ibu guru lebih optimal.

Link Download Contoh Format Penilaian Akhlak dan Kepribadian k13 DISINI
Link Download Contoh Jurnal Penilaian Akhlak Dan Kepribadian Siswa K13 DISINI
Download Panduan Akhlak Mulia serta Kepribadian Siswa Link Unduhan

Demikianlah yang dapat kami bagikan mengenai jurnal dan Contoh Format Rekapitulasi Penilaian Akhlak Kepribadian Kurikulum 2013 terbau. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel