Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 PDF

Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 - Dalam melaksanakan program Akreditasi BAN-S/M  untuk kegiatan tahun anggaran 2019, BAN-S/M mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah: Untuk pencapaian Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019, sebagai peningkatan pelaksanaan arah kebijakan Akreditasi yang bermutu untuk pendidikan bermutu, dan manajemen. Untuk pengakuan dan pemanfaatan hasil akreditasi sekolah oleh pengambil kebijakan dan masyarakat, untuk nalisis hasil PMPA dan Surveilans. Untuk Laporan dan raw data sekolah/madrasah dan asesor dari BAP-S/M.

Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 PDF
Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 PDF

POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah dipergunakan sebagai pedoman dan panduan Prosedur Operasional Standar secara resmi bagi pihak-pihak yang terkait dengan kondisi terakhir sekolah/madrasah yang akan diakreditasi pada tahun berjalan. Berdasarkan POS Akreditasi  2019 Sekolah/Madrasah saat ini pelaksanaan akreditasi memiliki Perubahan langkah dari 10 Langkah pada tahun sebelumnya, sekarang menjadi 8 langkah pada tahun ini, perubahan ini merupakan penyesuaian dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan akreditasi yang saat ini dilakukan secara Online menggunakan Sispena-S/M. Delapan langkah Mekanisme Akreditasi sesuai pos akreditasi BAN S M tersebut adalah sebagai berikut :


Perubahan Mekanisme Akreditasi Berdasarkan POS Akreditasi S/M 2019 PDF

Berikut merupakan 8 mekanisme perubahan langkah akreditasi BAN S M berdasarkan POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 meliputi :

Langkah ke-1     Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah

Langkah ke-2     Penetapan Sekolah/Madrasah Sasaran Visitasi dan Penugasan Asesor 

Langkah ke-3     Visitasi ke Sekolah/Madrasah

Langkah ke-4     Validasi Proses dan Hasil Visitasi

Langkah ke-5     Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi

Langkah ke-6     Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi

Langkah ke-7     Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi

Langkah ke-8     Sosialisasi Hasil Akreditasi

Itulah 8 Langkah mekanisme akreditasi sekolah/madrasah tahun 2019 sesuai POS Akreditasi BAN S/M versi terbaru.

Dalam penilaian tentunya tim penilai harus benar - benar memperhatikan prosedur operasional standar (POS) Akreditasi S/M agar nantinya dalam memberikan nilai sesuai dengan kualitas dan mutu sekolah - sekolah yang dinilainya, tentunya dalam penilaian sekolah - sekolah harus mempersiapkan berbagai adminitrasi sekolah maupun guru agar nantinya tim penilain bisa secara cepat menilai adminitrasi sekolah serta adminitrasi guru dan tak lupa juga sarana prasarana sekolah.


Penetapan Sasaran Akreditasi Sekoalah/Madrasah 2019

BAN-S/M menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran yang akan diakreditasi di setiap provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.

BAP-S/M perlu melakukan validasi terhadap daftar sekolah/madrasah sasaran untuk memastikan bahwa sekolah/madrasah yang akan diakreditasi memenuhi persyaratan dan memiliki kesiapan untuk diakreditasi.

Sedangkan untuk tujuan peneapan sasaran akreditasi sekolah/Madrasah  adalah menetapkan sekolah/madrasah yang memenuhi persyaratan untuk diakreditasi pada tahun berjalan dan memberitahukan kepada sekolah/madrasah untuk melakukan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDSM).

Dokumen yang Diperlukan Akreditasi Sekolah Sesuai POS Akreditasi S/M 2019 Adalah

  1. Kuota akreditasi sekolah/madrasah dari APBN dan APBD.
  2. Daftar sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.
  3. Daftar sekolah/madrasah yang memenuhi persyaratan dan kesiapan untuk diakreditasi.


Download POS Pelaksanaan Akreditasi S/M 2019

Bagi tim penilaian akreditasi dan para guru di sekolah harus benar - benar memperhatikan mekanisme POS Akreditasi 2019  agar nantiya tidak salah dalam penilaian ataupun pada memberian berbagai adminitrasi sekolah dan jika bapak/ibu guru maupun tim penilaian belum memiliki POS Akreditasi Sekolah SD/MI 2019, maka silakan unduh Prosedur Operasional Standar (POS) Akreditasi Sekolah/Madrasad dengan gratis pada tautan di bawah ini.



Demikian informasi yang dapat admin bagikan mengenai POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 PDF. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel