Cara Pengajuan NUPTK Secara Online Terbaru Tahun 2019

Cara Pengajuan NUPTK Secara Online Terbarau Tahun 2019 - merupakan materi yang akan Admin bagikn buat Bapak/Ibu guru yang akan melakukan proses pendaftaran NUPTK terbaru dengan cara Online, namun masih belum mengetahui caranya. Nah, pada kesempatan kali ini Suara Guru akan mebahas cara Mengajukan Nuptk-Online Untuk Guru dengan mudah.

Cara Pengajuan NUPTK Secara Online Terbarau Tahun 2019
Pengajuan NUPTK Online 

Langkah mengajukan/pengajuan NUPTK cara On-line dibilang tidak begitu sulit karena Anda tinggal memasukan syarat-syaratnya di alamat sdm. data. kemdikbud. go. id. Silakanikuti cara cara untuk mendapatkan NUPTK yang ada dibawah postingan.

Sebelum saya memberitahukan cara dan langkah-langkah pengajuan NUPTK Online, saya akan menjelaskan terlebih dulu pengertian, manfaat dan syarat mengajukan NUPTK terlebih dahulu. Dalam hal ini dikarenakan untuk mengusulkan NUPTK dengan On-line diperlukan juga berkas-berkas yang wajib Anda persiapkan untuk di Upload.

Pasti Anda sudah mengetahui apa itu NUPTK? Bagi guru yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), berarti guru tersebut sudah resmi memiliki Nomor Induk untuk seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan. NUPTK ini sebetulnya diberikan pada semua PTK baik PNS ataupun Bukan-PNS yang digunakan untuk Jati diri seorang atau sebagai nomor identitas resmi buat kepentingan identifikasi dalam beragam pelaksanaan program-program dan aktivitas maupun kegiata-kegiatandalam rangka peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

NUPTK terbagi dalam 16 angka yang miliki sifat tetap karna NUPTK yang PTK dimiliki seseorang PTK tidak akan berubah walaupun yang berkaitan sudah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian serta atau terjadi perubahan data yang lain.

Manfaat Dan Fungsi NUPTK Bagi Guru

Manfaat untuk tenaga pendidik yang mempunyai NUPTK yaitu :

Berperan serta dalam suatu sistem/mekanisme pendataan dengan nasional hingga mampu menolong pemerintah dalam merencanakan beragam program penambahan kesejahteraan untuk tenaga pendidik.

Memperoleh nomor identifikasi resmi dan berbentuk nasional dalam mengikuti beraneka ragam program yang diadakan oleh pemerintah pusat/daerah.

Bagaimana Mempunyai NUPTK :

Bagi PTK tentunya bisa memiliki NUPTK dengan cara melakukan pengisian kuisioner Pengajuan NUPTK, pengisian kuesioner pendaftaran pastinya harus benar, lengkap dan mesti rasional.

Cara Pengajuan NUPTK Terbaru Secara Online Guru


Persyaratan dan ketentuan Pengajuan NUPTK Onlaine Terbaru  :
  1. Warga Negara Indonesia 
  2. Pendidik serta Tenaga Kependidikan yang mempunyai Unit/sataun Administrasi Pangkal (Sekolah Induk) harus jelas pada tahap pendidikan dasar serta menengah 
  3. Pendidik serta Tenaga Kependidikan pada jalur pendidikan formal-non formal baik yang ada dibawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional ataupun Kementerian Agama pada tahap pendidikan dasar serta menengah. 
  4. Pendidik serta tenaga kependidikan yang masih tetap aktif melaksanakan tugas dan kewajibannya. 
  5. Umur setinggi-tingginya 60 th. 
  6. Guru yang mempunyai masa kerja serendah-rendahnya (minimal) 2 tahun tanpa ada putus dan wajib menyertakan SK Tugas dari Kepala Sekolah/Instansi bagi PTK non-PNS. 
Sebelum mengusulkan atau mendaftar NUPTK cara online , anda diwajibkan untuk mendaftarkan lembaga/instansi pada alamat dibawah ini.

http :// sdm. data. kemdikbud. go. id /, untuk selanjutnya Saudaradapat mengikuti langkah-langkah cara pendaftaranya berikut ini :

Baca : Juknis Pengelolaan NUPTK 2019

Cara Registrasi VERVAL PTK Untuk Mendapatakan NUPTK

Berikut Langkah pengajuan NUPTK Online Di Verval PTK :

Jika Bapak/Ibutelah melakuakan registrasi maka Anda dapat langsung Masuk menuju ke alamat http :// vervalptk. data. kemdikbud. go. id/ atau dapat langsung asuk Melalui LINK-INI
  1. Silakan Login dengan memasukan Password sesuai Login Dapodik 
  2. Lihat status NUPTK anda, jika memanga anda terdaftar Status Calon Penerima NUPTK anda dapat ke step setelah itu, jika belum juga anda check di Aplikasi Dapodik anda, NUPTK mesti dikosongkan pada Aplikasi Dapodik 
  3. Sesudah anda terdaftar pada Calon Penerima NUPTK, anda lanjut click ke Menu NUPTK serta Click Calon Penerima NUPTK. 
  4. Click nama anda serta Click Unggah Dokumen 
  5. Sediakan berkas yang juga akan diunggah berbentuk KTP, SK Bupati/Yayasan, Ijasah SD hingga Paling akhir, untuk Sekolah swasta serta yayasan memerlukan surat pekerjaan dari yayasan tersebut contoh surat pekerjaan yayasan/swasta. 
  6. Anda Kirim berkas-berkas yang diunggah ke Dinas Pendidikan daerah anda 
  7. Tunggulah Penerbitan NUPTK anda 

Baca Cara Mendapatkan SK Bupati/Walikota Untuk Proses Pembuatan NUPTK

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mendaftar NUPTK versi terbaru lengkapi dengan gambar dapat Adan unduh dibawah ini:

CARA Mendaftar NUPTK Online Terbaru Lengkap Dengan Gambr

==> FUNGSI MANFAAT NUPTK DALAM TUNJANGAN<==


Sekian informasi terbaru yang bisa Adminberikan mengenai Cara Pengajuan NUPTK Secara Online Guru Terbrau Tahun 2019/2020. Terima Kasih atas kunjungannya dan mudah-mudahan info NUPTK ini dapatberguna bagai Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel