Cara Cek Status NUPTK Di Verval GTK Kemendikbud

Cara Cek Status NUPTK Di Verval GTK Kemendikbud terbaru 2019. Buat anda beberapa guru/GTK yang masih tetap kebingungan bagaimanakah cara mengecek status NUPTK baru telah aktif atau tidak dan telah tercatat di kemdikbud atau mungkin belum.

Cara Cek Status NUPTK Di Verval GTK Kemendikbud
Cara Cek Status NUPTK Di Kemendikbud

Nah, pada kesempatan kali ini Admin akan bahas secara runtas tips  bagaimanakah cara cek NUPTK aktif belum  statusnya, Dapodik, serta PTK untuk beberapa GTK Kemendikbud atau Kemenag yang dapat anda cek melalui HP android ataupun melaui laptop serta computer.

2 Cara Melihat Status NUPTK Di Verval GTK Kemendikbud Terbaru


Melakukan pengecekan stataus pada nomor unik pendidikan dan tenaga kependidikan NUPTK sudah aktif atau belum merupakan tahap yang harus dilakukan setelah proses pendaftaran/pengajuan NUPTK.

Sebelum kita membahas langkah demi langkah tentang cara cek status NUPTK dan cek GTK kemendikbud, mari kita kupas sedikit pengertian NUPTK. Jadai NUPTK adalah Nomer Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan. Nomer ini adalah nomer induk buat tiap-tiap tenaga pendidikan dan pendidik yang memiliki banyak fungsi. NUPTK ini juga tidak dapat beralih ketangan orang lain serta berbentuk tetap.

NUPTK yang memiliki 16 digit nomer tidak berubah meskipun sang tenaga pendidik atau tenaga pendidikan akan melakukan bermutasi atau pindah sekolah dari sekolah dimana ia mendaftarkan NUPTK. Berikut kami bagikan 2 (dua) langkah dalam melihat status NUPTK di Verval GTK dengan budah. Nah langsung saja berikut kami sajikan cek NUPTK Kemdikbud, Dapodik serta PTK terbaru 2019.

Cara Cek NUPTK Aktif Atau Belum


Untuk melakukan pengecekan NUPTK sudah jadi apa belum sebetulnya cukup mudah. Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan caranya:

  • Masuk web kemendikbud atau juga bisa click DISINI.
  • Pilih pilihan pilihan guru.
  • Lantas setelah memilih guru Anda dapat pilih NUPTK
  • Kemudian Anda tinggal masukkan nama Anda disana jadi NUPTK Anda akan keluar bila proses NUPTK Anda sudah selesai.

Itulah cara melihat status keaktifan NUPTK  secara online yang sudah terdaftar yang harus dilakauakan. Bagai mana cukup mudah kan proses pengecekanya.

Tata Cara Cek Status NUPTK Online Melalui HP/Laptop


Sistem terbaru dalam melakukan pengecekan Status NUPTK dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan lepatop, komputer, dan juga dapat dicek dengan HP/android. Lebih jelasnya berikut ini:

  1. Silakan Anda buka aplikasi browser ponsel atau laptop anda. Terserah ingin mengguna mozilla google chrome maupun browser bawaan HP anda masing-masing.
  2. Tuliskan alamat gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status atau langsung Klik DISINI.
  3. Kemudian isikan nomer NUPTK anda pada kolom yang ada serta teruskan dengan click tombol “Cari” (logo kaca pembesar).
  4. Kemudian skema akan tampilkan status NUPTK saudara. Lalu Output yang perlihatkan yaitu hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan skema NUPTK generasi-generasi awal mulanya dengan skema NUPTK generasi PADAMU NEGERI. 

Itulah langkah - langkah cara cek NUPTK terbaru yang cukup mudah dilakukan dalam mengetahui status NUPTK.

Fungsi dan Manfaat NUPTK Bagi Guru


Tentulah diselenggarakan NUPTK tidak langsung cuma untuk data saja, tetapi juga memiliki faedah dan manfaat yang cukup menjanjikan. Mengenai faedahnya merupakan seperti berikut :

1. Bisa berperan serta dalam program sistem pemerintahan.

2. Nomer yang ada di NUPTK tercatat menjadi nomer identifikasi sah bagi guru, bersifat nasional yang dimana bisa dipakai dalam program pemerintah.


Tahapam Agar Memiliki NUPTK

Langkah supaya mempunyai NUPTK kita mesti isi formulir NUPTK terlebih dulu serta lengkapi dokumen-dokumen pelengkap yang ada hingga hasilnya semakin lebih ringan. Mengenai syarat-syarat mengajukan NUPTK Online diantaranya yaitu dibawah ini:

Syarat Mutlak Pengajuan NUPTK

Untuk melakukan memiliki atau mencari NUPTK berikut mekanisme dan syarat mutlaknya :

1. Pendidik sebaiknya masyarakat negara Indonesia
2. Seseorang pendidik yang pasti tahap pendidikannya
3. Seseorang pendidik serta tenaga pendidikan ada dalam lingkungan kependidikan baik dengan resmi ataupun non resmi yang dimana dibawah naungan Kementrian Pendidikan Indonesia
4. Umur optimal atau maksimalnya tenaga pendidik yaitu 60 tahun
5. Waktu kerja optimal mengajukan merupakan 2 tahun

Download Petunjuk Teknis NUPTK 2019
Download Lampiran Juknis Pengelolaan NUPTK Terbaru
Download Surat Pengantar NUPTK

Itu proses singkat yang ada pada panduan cek NUPTK periode 2019 atau cek GTK 2019 yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi terkait Cara Cek Status NUPTK Di Verval GTK Kemendikbud terbaru diatas dapat bermanfaat buat kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel