3 Cara Cek Info GTK Untuk Validasi SKTP Tahun 2019

Suara Guru akan membagikan 3 Cara Cek Info GTK Untuk Validasi SKTP Tahun 2019 tanpa ribet dengan menggunakan Aplikasi yang disediakan oleh Pemerintah. Proses dan cara ceknya dibilang cukup mudah dan simple karena tidak menggunakan Aplikasi pihak ketiga yang ilegal, namun menggunakan Aplikasi resmi dari situs pemerintah(Kemdikbud).

3 Cara Cek Info GTK Untuk Validasi SKTP Tahun 2019
3 Cara Cek Info GTK Untuk Validasi SKTP Tahun 2019

Saat ini pada Laman Info GTK Semester 2 Tahun 2019 sedikit ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Lalu apa sih perbedaan sekarang dengan yang dulu? ya untuk perubahan tampilan saat ini adalah Laman Inf0 GTK menyediakan 2 Opsi untuk login.

Jadi login pada Info GTK 2019 Semester 2 dapat menggunakan akun PTK yang dibuat melalui Aplikasi Dapodik, dan menggunakan NRG dan tanggal lahir seperti biasanya.

Memang bisa dibilang pada perubahan priode kali ini tampilan dan cara Login Info GTK Semester genap Tahun 2018/2019, menurut saya peribadi justru malah akan merepotkan para Operator Dapodik, dimana operator harus mengingat satu persatu GTK/PTK yang ada didapodik untuk dapat merubah data ataupun untuk mengecek Info Data GTK.

Selain itu, masih sedikit GTK atau Guru yang mau melakukan Perubahan data di dapodik maupun untuk mengecek Info GTK secara mandiri, karena sampai saat ini kebanyakan para Guru masih mengandalkan OPS dalam mengerjakan tugas tersebut.

3 Cara Cek Info GTK Untuk Validasi SKTP Tahun 2019

Cara Pertama : Cek Info GTK Melalui data.dikdasmen.kemdikbud.go.id Tanpa Password dan Username

Untuk melakukan Login Info GTK Semester 2 Tahun 2019 di data.dikdasmen dapat dilakukan oleh operator sekolah. Cara loginya pun cukup mudah Anda cukup menggunakan Username dan Password untuk Login Dapodik saja, dan tidaklah harus mengingat Username dan password setiap guru.

Cara Login
Langsung saja masuk terlebih dahulu kewebsate https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, kemudian lakukan login menggunakan User dan Password seperti Dapodik.

Setelah Anda masuk pada beranda pada situs tersebut, maka silahkan ikuti langkah dibawah ini.

1. Langkah Pertama, setalah Anda login, silahkan Klik pada menu Guru dan Tendik. Setelah muncul data Guru dan Tendik, silahkan Scrool kebawah dan kesamping pada data tersebut.

2. Langkah Kedua, silahkan Klik Tombol Detail PTK.

3. Langkah ketiga, silahkan scrol kebawah maka akan muncul tombol Info GTK, silahkan Klik Tombol Info GTK tersebut, maka Anda akan dialihkan menuju laman Info GTK Semester 2 Tahun 2019 tanpa harus melakukan login lagi.

Itulah panduan pertama untuk melakukan pengecekan SKTP atau serifikasi guru melalui data dikdasmen yang tidak menggunakan User guru/GTK.

Cara Kedua : Cek Info GTK melalui dapo.dikdasmen.kemdibud

Untuk cara melakukan proses pengecekan info gtk dapodikdasmen ini haya dapat dilakukan oleh Operator Sekolah. Jadi silakan Anda minta cek kan data sktp sudah valid atau belum di aplikasi Manajemen dapo.dikdasmen.kemdibud.go.id.

Berikut cara mudah cek sertifikasi info gtk tanpa harus menggunakan User dan Password GTK.
  1. Silakan Login Manajemen di web dapo.dikdasmen.kemdibud.go.id
  2. Kemudian Klik Menu Guru dan Tendik.
  3. Setelah muncul List nama Guru dan Tendik, Scroll ke arah kanan. Klik Icon berwarna Hijau pada baris GTK yang akan dibuka Info GTK nya.
  4. Pilih/klik Icon Warna Hijau, akan muncul Identitas GTK yang bersangkutan dan Dibawah Indentitas ada Icon Info GTK.
  5. Klik Icon Info GTK Anda akan masuk ke Info GTK yang bersangkutan tanpa Entry User dan Password.

Cara Ketiga : Cek Info GTK/PTK di SIM PKB

Layanan Cek Info GTK Guru hadir disajikan untuk memantau validasi data PTK yang dikirim melalui aplikasi dapodik apakah telah valid atau belum, untuk memastikan keputusan layak atau tidaknya seorang PTK mendapatkan tunjangan pada semester berjalan.

Karena saat ini cek info PTK untuk penerbitan SKTP/SK Dirjen telah terintegrasi di SIM PKB Guru maka setiap guru harus mengecek kevalidan datanya secara mandiri melalui akun sim pkb masing-masing.

Cara Cek SKTP

1. Login ke : https://app.simpkb.id/

2. Pilih dan Klik Layanan Info GTK


Jika Menghadapi Problem Solving

  1. Jika ada kesalahan data silangkan hubungi operator sekolah dan sinkronisasi ulang dapodik.
  2. Apabila kode mapel sertifikasi tidak valid silakan hubungi operator simtun.
  3. Aplikasi kehadiran guru untuk di isi sesuai dengan kalender pendidikan satuan pendidikan masing-masing.
  4. Jika ada kendala lain silahkan dikomunikasi dengan operator sekolah masing-masing yang akan di koordinasikan dengan pihak terkait.

Demikian Informasi mengenai 3 Langkah Cek Info GTK 2019 Semester 2 yang dapat Admin bagikan. Semoga arikel kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel